-->

News Info

KISAH POHON YANG DISEMBAH MANUSIA

Ada sebatang pohon yang dijadikan sesembahan selain Allah. Seorang laki-laki datang ke pohon itu dan berkata, 'Sungguh aku akan menebang pohon ini.

Al-Hasan berkata, "Ada sebatang pohon yang dijadikan sesembahan selain Allah. Seorang laki-laki datang ke pohon itu dan berkata, 'Sungguh aku akan menebang pohon ini.'

Akhirnya laki-laki itu berniat untuk menebang pohon dalam keadaan marah karena Allah. Iblis menghadangnya dalam wujud seorang manusia.

Iblis bertanya, 'Apa yang kau inginkan?'

Lelaki itu menjawab, 'Aku akan menebang pohon yang dijadikan sesembahan selain Allah ini.'

Iblis membantah, 'Jika kamu sendiri tidak menyembahnya lalu apa madharat yang mengenai dirimu dari orang yang menyembahnya?'

Lelaki itu bersikeras, 'Aku benar-benar akan menebangnya.'

Setan berkata kepadanya, "Maukah kamu kutawari sesuatu yang lebih baik bagimu. Kamu tak perlu menebangnya. Lalu imbalannya, setiap hari kamu akan dapatkan dua dinar di bawah bantalmu setiap kamu bangun pagi.'

Lelaki itu akhirnya pulang. Keesokan harinya dia mendapatkan dua keping uang dinar dibawah bantalnya. Namun, pada hari berikutnya dia tidak mendapatkan apapun di bawah bantalnya. Lelaki itu bangkit dengan penuh kemarahan, dia hendak menebang pohon itu.

Setan kembali menyerupai bentuk manudia dan bertanya, 'Apa yang akan kau lakukan.'

Lelaki itu menjawab 'Aku akan menebang pohon yang dijadikan sesembahan selain Allah Ta'ala itu.'

Setan membantah,' Kamu bohong. Kamu takkan bisa menebang pohon itu.'

Lelaki itu bangkit untuk menebangnya, tetapi Iblis melawannya hingga lelaki itu jatuh terjerembab ke tanah, lalu Iblis mencekiknya dan nyaris membunuhnya.

Iblis berkata, 'Tahukah kamu siapa aku. Aku adalah setan. Pertama kali dulu kamu datang dengan marah karena Allah dan aku tidak mampu melawan kamu, maka aku memperdayaimu dengan dua dinar, lantas kamu tidak jadi menebangnya. tetapi sekarang ini kamu datang untuk membela dua dinar, maka aku berhasil mengalahkan kamu'." 

( Ibnul Jauzi, Talbis Iblis bab peringatan agar waspada terhadap fitnah iblis dan tipu dayanya hal. 73 )

Sumber: DAKWAH ISLAM

0 Response to "KISAH POHON YANG DISEMBAH MANUSIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel