-->

News Info

JANGAN MENILAI ORANG LAIN DARI KATANYA

Jangan langsung menjudge/menghakimi orang lain hanya dari apa yang kita lihat atau dengar tanpa tau yang sebenarnya

Sahabat, setiap orang itu pasti diberi kebebasan untuk menilai orang lain. Penilaian mereka pun berbeda-beda.

• Mereka menilai cara kita berbicara,
• Menilai cara kita berjalan,
• Menilai cara kita berpakaian,
• Menilai cara kita berpikir,
• Bahkan menilai cara kita memperlakukan orang lain,

Apapun yang kita lakukan pasti akan dinilai oleh orang lain. Tak heran kita memang dituntut untuk selalu sempurna di mata orang lain. Tapi apalah daya kita hanyalah manusia biasa, terkadang ada saatnya kita sedang marah, sensitif, tidak mood, kasar dsb.

Dan tanpa disadari kita langsung dinilai oleh orang yang baru pertama kali bertemu dengan kita. Mereka menilai kita sebagai orang yang pemarah, kasar, baperan dsb.

Dan mereka akan menceritakannya pada orang lain, yang belum mengenal kita. begitu mudahnya orang percaya dengan perkataan orang lain tentang kita tanpa mencari tau yang sebenarnya.

Dan tanpa disadari kita seringkali menjadi manusia kepo, sok tahu dan sok sibuk dengan urusan orang lain, Kita suka gosipin orang lain, ikut-ikutan menyebarkan kabar tentang orang itu padahal berbicara dengannya pun kita tak pernah, kita cuma mendengar kata orang lain,

Kita dengan gampangnya menilai orang lain, seolah kita lebih mengenalnya dari siapapun, kita menjadi ahli menganalisa kehidupan orang lain, kita pandai menilai seseorang memuji dan memaki orang lain, padahal kita tak pernah tahu apa alasan seseorang melakukan sesuatu.

Sahabat, janganlah sekali-kali kita menilai seseorang yang bebannya tidak kita tanggung. Jangan menilai dia yang masalahnya tidak kita hadapi. Lebih baik doakan yang terbaik untuk mereka. Lihatlah pepatah : Jangan menilai sebuah buku dari sampulnya saja. Pertanyaannya adalah, bisakah kita memahami isi buku hanya dengan sampulnya? atau membacanya sekilas saja? Tentu saja tidak,

Untuk itu, Jangan langsung menjudge/menghakimi orang lain hanya dari apa yang kita lihat atau dengar tanpa tau yang sebenarnya, karena apa yang kita lihat dan kita dengar belum tentu itu benar.

Sumber: Motivasi Hijrah Indonesia

0 Response to "JANGAN MENILAI ORANG LAIN DARI KATANYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel