-->

News Info

Benarkah Mimpi Jawaban Istikharah?

Tidak disyaratkan seorang yang melakukan istikharah dia bermimpi sesuatu yang menunjukkan pilihan yang lebih utama

Banyak yang menyangka bahwa jawaban dari istikharah itu hanya dianggap benar jika telah datang suatu mimpi padanya, ini adalah anggapan bid’ah.

Padahal jawaban dari istikharah itu bisa dalam bentuk adanya kekuatan hati untuk menjalankan atau meninggalkan sesuatu perkara yang telah ia istikharahi itu, dan atau dimudahkannya dia hendak menempuh apa yang telah ia istikharahi tersebut. Jadi tak mesti menunggu datangnya mimpi.

Hal ini sebagaimana dikatakan Ibnu Taimiyyah rahimahullah: "Maka jika seseorang beristikharah kepada Allah, maka apa yang Allah lapangkan dadanya dan Allah mudahkan baginya dari perkara yang ia istikharai itu, itulah berarti (tanda) yang Allah pilihkan baginya". (Majmu’ Fatawa X:539)

Syaikh Al’ Utsaimin rahimahullah menjelaskan: "Tidak disyaratkan seorang yang melakukan istikharah dia bermimpi sesuatu yang menunjukkan pilihan yang lebih utama. Akan tetapi, kapan saja sesuatu dimudahkan setelah istikharah, hendaknya dia menyadari bahwa itu baik baginya jika dia berdoa kepada Allah dengan jujur dan ikhlas. Karena dalam doa istikharah, seorang laki-laki atau wanita yang istikharah berkata, "Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku, sekarang atau yang akan datang, maka takdirkanlah dia untukku serta mudahkanlah dia untukku." Maka jika sebuah perkara dimudahkan setelah istikharah, ketahuilah bahwa itu merupakan yang terbaik baginya, karena dia telah berdoa kepada Allah agar dimudahkan apa yang baginya. Maka jika dia mendapatkan kemudahan, itu merupakan petunjuk bahwa hal tersebut baik baginya.

(lantas dibagian lainnya diantara beliau mengatakan): Adapun pendapat sebagian orang bahwa seseorang harus mendapatkan mimpi terlebih dahulu untuk menentukan apakah dia akan terus melaksanakannya atau meninggalkannya, hal ini tak ada landasannya...“ (Fatawa Nuur ‘alaa Darb li Syaikh al ‘Utsaimin VI:166)

Sumber: MHI

0 Response to "Benarkah Mimpi Jawaban Istikharah?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel