-->

News Info

Wudhu Enggak Sah

Klo wudhu enggah sah.. Berarti udh enggak diartikan wudhu sejak awal

Assalamualaikum FYI ini berbeda dengan yang membatalkan wudhu yaa, klo membatalkan wudhu itu bisa jadi wudhunya sah tpi batal karna sebab2 tertentu. Klo wudhu enggah sah.. Berarti udh enggak diartikan wudhu sejak awal alias yg kita lakuin itu bukan wudhu padahal niatnya wudhu, cuma caranya aja salah. Dalam agama niat benar klo caranya salah yaa tetep salah,, semisal sholat klo udh niat tpi enggak wudhu yaa tetep salah sholatnya.

Nah berikut ini sebab2 wudhu enggak sah..

1. Tidak sesuai tata cara wudhu

Mimin udh pernah bahas di post sebelumnya,, klo misal kita enggak nerapin wudhu sesuai tahapan2 dri syariat maka enggak sah..

2. Memakai kutek anti air

Tujuan berwudhu ialah membasuh kulit dgn air.. Ulama juga berpendapat enggak boleh ada bagian wudhu kita yg tertupi sehingga enggak kena air.. Jadi klo kita wudhu pake kutek yg enggak nyerap air maka enggak sah wudhunya kita..

3. Memegang kemaluan tanpa kain

Nah ini biasanya terjadi saat habis mandi terus wudhu, lalu ganti baju sengaja ato enggak sengaja tangan nyentuh kemaluan,, disini ada perbedaan pendapat di antara ulama, ada yg bilang enggak sah, ada yg bilang sah klo tanpa syahwat.. Soo klo alangkah baiknya jgn sengaja nyentuh kemaluan aja sehabis wudhu yaa..

4. Memakai make up

Sama halnya kutek, make up di wajah atau bagian tubuh lainnya.. Lebih baik di hilangkan dulu sebelum berwudhu.. Takutnya air itu enggak meresap ke kulit,,

5. Siku dan tumit kering

Ini juga pernah mimin bahas sebelumnya.. Ada hadist shahih yg mengatakan klo bagian itu kering maka mendapatkan siksa di neraka..

6. Membasuh lebih dari 3 kali

Dalam hadist shahih, Rasulullah pernah berwudhu satu kali basuhan, dua kali basuhan dan 3 kali basuhan.. Klo lebih dri itu enggak ada tuntunannya.. Semisal kita enggak sengaja lupa sampai lebih 3 kali, lebih baik di ulang saja yaa wudhunya..

Sumber: MHI

0 Response to "Wudhu Enggak Sah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel