-->

News Info

đź’–TANTANGAN SEORANG WANITAđź’–

Saat ini tantangan seorang wanita seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi

Di zaman sekarang ini, wanita senantiasa diperhadapkan dengan berbagai hal yang membuatnya harus mampu bertahan di tengah arus modernisasi, globalisasi, dan gaya hidup. 

Trending dan sosial media seakan-akan menjadi virus baru di kalangan wanita. Virus yang mampu menggerogotimu secara perlahan namun pasti, dan tidak akan terasa perubahan itu terjadi pada dirimu.

 Kemampuan untuk menghalau segalanya sangat diperlukan demi menjadi wanita yang kaffah dalam pandangan islam, sebagaimana kondisi wanita sebelum datangnya islam yang dipandang begitu hina bahkan kelahiran anak perempuan dianggap aib yang begitu memalukan sehingga pada masa itu apabila anak perempuan lahir, maka mereka akan membunuhnya hidup-hidup, atau membiarkan terhina dan dihinakan, 

Sebagaimana Allah Subhana Wata’ala berfirman, “Dan bila salah seorang dari mereka di beritakan dengan (kelahiran) anak wanita, berubah kecewalah wajahnya dan dia dalam keadaan marah. Dia berusaha menyembunyikan dari masyarakatnya apa yang diberitakan kepadanya. Apakah dia biarkan hidup dalam keadaan hina atau dia kubur. Alangkah jahatnya apa yang mereka hukumi.”
(Qs. An Nahl:58-59). 

Ketika islam datang, Allah mengangkat derajat wanita dan mengembalikannya kepada keadaannya sebagai manusia yang layak. Allah Subhanawata’ala berfirman, “ Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya kami telah menciptakan kalian menjadi pria dan wanita.”
(QS.Al Hujurat:13).

Saat ini tantangan seorang wanita seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi semakin menyeret kaum wanita untuk tetap andil menentukan jati dirinya 

sebagai wanita muslimah yang berkarakter dan berahlak,  muslimah harus mampu mempunyai landasan ilmu keislaman yang cukup dan jika terjadi perbedaan persepsi maka tidak menyimpang dari syariat.

Wanita muslimah yang tangguh adalah wanita yang cerdas dalam bertindak sesuai norma kemanusiaan, selalu menjaga adab, kehormatan, persaudaraan, ibadah serta ketaatan. 

Di antara tantangan seorang wanita muslimah saat ini adalah kemampuan memegang prinsip akan identitasnya sebagai wanita muslimah ditengah masyarakat yang majemuk dengan pemahaman agamanya, kemudian kemampuan memfilter segala macam informasi, ilmu pengetahuan seputar wanita atau pengetahuan umum. 

Perang pemikiran dan gaya hidup seorang wanita saat ini sangat mendominasi di kalangan wanita. Oleh karenanya meng-up grade ilmu pengetahuan sangat penting dan utama. 

Gaya hidup dan fashion juga mampu merubah penampilan seorang wanita yang menjadi salah satu tantangan bagi wanita muslimah, kemampuannya memilah mana yang perlu untuk dilakukan perubahan dan mana yang tidak. Tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan membawa pengaruh besar bagi seorang wanita yang menjalani kehidupannya di depan publik, namun jika tidak melanggar syariat hal itu tidak dilarang. 

Tantangan sosial media juga memegang peran penting bagi wanita muslimah, betapa tidak statusmu disosial media mencerminkan akhlaqmu, banyak hal di sosial media yang akan membuatmu lalai dari mengingat Allah, berbagai kesenangan yang memanjakan mata semuanya terpublish di sana, yang tentunya membuatmu tidak pernah bosan, berbagai aplikasi facebook, instagram, telegram, dan apliksi yang lainnya, yang secara tidak langsung membuat jari dan mata ini tidak berhenti untuk melihat dan men- scroll, baca, scroll lagi, hingga tidk terasa waktu berlalu dan amanah yang lainpun terbengkalai, dan akhirnya secara tidak sengaja atas nama khilaf kita telah lalai dari waktu yang Allah berikan, 

Memegang prinsip dalam hal ini sangat penting, sehingga pengaruh apapun yang masuk kamu mampu menghalaunya tanpa ikut terbawa arus. 

☄️Semoga bermanfaat ☄️

Sumber: MHI

0 Response to "đź’–TANTANGAN SEORANG WANITAđź’–"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel