-->

News Info

Perempuan Antara Syurga Dan Neraka

Perempuan itu dimudahkan Allah masuk surga namun perempuan juga adalah mayoritas penghuni neraka.

Perempuan itu dimudahkan Allah masuk surga namun perempuan juga adalah mayoritas penghuni neraka. Bagi wanita shalihah yang taat pada suami dan rajin melakukan ibadah ketaatan, akan dipersilahkan baginya untuk masuk surga dari pintu mana saja yang ia suka.

Seperti dijelaskan dalam hadist berikut

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.”
(HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Ya, perempuan memang memiliki potensi untuk dimudahkan masuk surga bahkan lebih mudah daripada lelaki. Namun jangan lupa telah ada pernyataan dari Nabi ï·º bahwa para wanita juga mayoritas (kebanyakkan) sebagai penghuni neraka.

“Dari Imran bin Husain radhiallahu anhu dari Nabi ï·º bersabda,

“Aku diperlihatkan di surga. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita”
(HR. Bukhari, 3241 dan Muslim, 2737)

Dan di antara mayoritas perempuan yang menghuni neraka. Ada empat kategori yang menjadikan perempuan sebagai penghuni neraka sebagaimana disebutkan dalam hadits yang kutip oleh Syekh Zainudin bin Abdul Aziz dalam kitab Irsyadul Ibad Ila Sabili Ar-Rosyad (h-89) berikut ini,

"Dari Rasulullah ï·º bersabda sesungguhnya empat perempuan yang menjadi penghuni neraka (yaitu) perempuan yang mengumbar kejelekan suaminya ketika suaminya tidak ada, dan ketika di depan suaminya ia menyakiti dengan ucapannya, dan perempuan yang menyuruh suaminya untuk melakukan sesuatu yang dia (suaminya) tidak mampu mengerjakannya, dan perempuan yang keluar yang tidak menutup auratnya dari laki-laki lain dan ia bersolek dan mengenakan pakaian yang paling paling megah, dan perempauan yang hanya makan, minum dan tidur tanpa adanya keinginan untuk salat, taat kepada Allah dan rasulNya dan taat kepada suaminya."

Hadis tersebut menjelaskan bahwa ada empat perempuan (istri) yang menjadi penghuni neraka:

  1. Perempuan yang suka mengumbar kejelakan suaminya di belakangnya, dan menyinggung perasaan suaminya dengan kata-kata yang tidak pantas.
  2. Perempuan yang suka menyuruh suaminya di luar kemampuan suaminya.
  3. Perempuan yang tidak menutupi auratnya dari pandangan laki-laki lain dan keluar rumah dengan bersolek dan memakai pakaian yang mengundang syahwat para laki-laki.
  4. Perempuan yang hanya ingin bersenang-senang saja tanpa ada keinginan untuk beribadah, taat kepada Allah dan rasulnya, dan taat kepada suaminya.

Wallahu a'lam.

Perbanyaklah Sedekah Wahai Saudariku

Dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah ï·ºkeluar waktu Ied Adha atau Ied Fitri dan melewati para wanita dan bersabda,

“Wahai para wanita, keluarkanlah shadaqah karena saya diperlihatkan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah dari kalangan kalian. Mereka berkata, ‘Kenapa wahai Rasulullah? Beliauï·º bersabda: “Kalian sering mengumpat, dan mengingkari pasangan. Saya tidak melihat (orang) yang kurang akal dan agama dari kalangan anda semua dibandingkan seorang laki-laki yang cerdas.' Mereka bertanya, ‘Apa kekurangan agama dan akal kami wahai Rasulullah?' Beliauï·º menjawab, ‘Bukankah persaksian (syahadah) seorang wanita itu separuh dari persaksian orang laki-laki.' Mereka menjawab: ‘Ya.' Beliauï·º melanjutkan: ‘Itu adalah kekurangan akalnya. Bukankah kalau wanita itu haid tidak shalat dan tidak berpuasa.' Mereka menjawab, ‘Ya.' Beliauï·º mengatakan, ‘Itu adalah kekurangan agamanya.”
(HR. Bukhari, no. 304)

Dan dari Jabir bin Abdullah radhialalhu’anhuma berkata, Saya menyaksikan shalat Ied bersama Rasulullah ï·º. Beliau memulai dengan shalat sebelum khutbah tanpa azan dan iqamah. Kemudian berdiri bersandar kepada Bilal, dan memerintahkan untuk bertakwa kepada Allah dan menganjurkan kepada ketaatan kepadaNya dan menasehati manusia serta mengingatkannya. Kemudian Beliauï·º berjalan mendatangi para wanita, dan memberikan nasehat kepada mereka dan mengingatkannya.

Beliauï·º bersabda,

‘Besadaqahlah para wanita, karena kebanyakan dari kalian itu menjadi bara api neraka Jahanam.' Maka ada wanita bangsawan dan kedua pipinya berwarna (merah) berdiri bertanya, ‘Kenapa wahai Rasulullah?' Beliauï·º menjawab, ‘Karena kamu semua seringkali mengadu dan mengkufuri suami.' Berkata (Jabir), ‘Maka para wanita memulai bersodaqah dan melemparkan gelang, giwang dan cincinnya ke pakaian Bilal."
(HR. Muslim, no. 885)

Seyogyanya bagi para wanita mukmin yang mengetahui hadits ini berbuat seperti perbuatan mereka para wanita shahabat. Ketika mengetahui hal ini, mereka langsung melakukan kebaikan, dimana hal itu dengan izin Alah sebagai sebab yang dapat menjauhkan mereka masuk ke dalam kelompok yang terbanyak (masuk neraka). Maka nasehat kami kepada para wanita muslimah, agar menjaga komitmen dengan syiar Islam dan kewajibannya. Terutama shalat serta menjauhi apa yang diharamkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semoga Allah menjauhkan kita dan saudari-saudari kami dari api neraka dan juga menjauhkan apa saja yang mendekatkan ke nereka baik berupa ucapan maupun perbuatan.

Sumber: Motivasi Hijrah Indonesia

0 Response to "Perempuan Antara Syurga Dan Neraka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel